Need Something? Klik Here

Minggu, 09 Desember 2012

Shufa - Kaligrafi China



Negara China adalah negara yang mempunyai sejarah sangat panjang, negara yang hari kemerdekaannya jatuh pada 01 Oktober ini benar-benar memberi kesan kepada banyak orang, baik yang keturunan maupun warga pribumi seperti saya {}. Yang membuat saya jatuh cinta akan negara ini salah satunya adalah tentang kaligrafi nya - Shufa. Seni kaligrafi China atau yang lebih umum seperti menulis indah huruf China (hanzi)


Seperti gambar diatas, itu adalah salah satu hasil karya saya dalam menulis shufa, pada awalnya saya kesulitan sebagai pelajar yang baru mengetahui hal ini, namun berkat bantuan para guru (laoshi) saya dapat menulis dengan hati dan mood saya.

Shufa adalah suatu keindahan dalam mempelajari bahasa mandarin (hanyu), banyak sekali kata-kata mutiara yang terdapat dalam tulisan shufa pada umumnya, biasanya terdiri dari 4 buah huruf hanzi. cara menulisnya menggunakan kuas (maobi) yang sudah dibubuhi oleh tinta, kemudian di tulis di atas media seperti kertas, dll. Perlu kesabaran saat menulis karena jika salah teknik sedikit saja akan kurang elok dipandang mata. Bahan dan alatnya mudah didapatkan di toko buku terdekat.

Sekarang mulai banyak orang-orang belajar bahasa mandarin, bahasa yang tersulit di dunia, karena satu karakternya mempunyai arti. Jadi adalah salah saat kita beranggapan tak ada gunanya belajar bahasa ini, tunggu 10 tahun mendatang^^ siapa yang berkuasa dalam hal bahasa.

Belajar bahasa mandarin di Indonesia menurut saya sebagai bahan saya untuk memperkenalkan budaya Indonesia di negeri tirai bambu. Belajar Shufa di Indonesia menggugah saya untuk menyebarkan bahwa belajar kaligrafi ini sangat asik. Jadi jangan pikir singkat tentang mandarin ya

Kalian bisa belajar bersamaku, silakan kontak e-mail atau Yahoo Mesengger ku di megaayupuspita@rocketmail.com

Xie xie nimen^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar